S1 Ilmu Keperawatan UMKT Gelar Workshop Bahan Ajar dan Modul Pembelajaran

umkt.ac.id-Samarinda:: Progam Studi S1 Ilmu Keperawatan dan Ners Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur menggelar Workshop “Pengembangan Bahan Ajar dan Modul Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning (SCL)”. Workshop digelar di Ruang Rapat Gedung C Universitas Muhammadiyah Kaltim, Minggu – Senin (23-24/6/2019)

Workshop diselenggarakan selama 2 (dua) hari dengan peserta sejumlah 15 (lima belas) orang yang berasal dari Program Studi S1 Keperawatan, Program Studi Ners dan Program Studi D3 Keperawatan Fakultas Kesehatan dan Farmasi Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur dengan narasumber oleh Bapak Moh. Afandi, S.Kep., Ns., MAN.

Ketua Program Studi S1 Ilmu Keperawatan dan Ners Ns. Dwi Rahmah Fitriani, M.Kep menyampaikan bahwa Workshop yang disusun bertujuan untuk lebih menitik beratkan kepada proses pembelajaran yang berorientasi kepada mahasiswa (student center learning) dan berorientasi kepada kompetensi yang harus dipunyai oleh lulusan, sehingga kurikulum yang disusun adalah Kurikulum Berbasis Kompetensi, yang berstandar nasional maupun internasional.

“Kompetensi yang harus dimiliki lulusan terdiri atas kompetensi hard skills dan soft skills.” ujarnya. Disampaikan lebih lanjut bahwa Kompetensi hard skill berfokus pada penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan keterampilan tehnis yang berhubungan dengan bidang ilmu keperawatan, sedangkan kompetensi soft skills yang harus dimiliki oleh seorang Nersadalah : tanggung jawab dan tanggung gugat, empati, berfikir kritis, disiplin, leadership (kepemimpinan), kreatif dan inovatif, inisiatif, komunikatif, dapat bekerja dalam tim, antusias, bersikap asertif, dapat mengambil keputusan dalam asuhan keperawatan, tanggap, ikhlas, teliti, percaya diri, berperilaku etis, mampu memecahkan permasalahan keperawatan, mempunyai jiwa entrepreneurship, menghargai hasil karya orang lain, altruistik, lifelong learning, conscience, dan mampu mengambil resiko (risk taking), dibawah pengawasan supervisor klinik.

Selain berfokus pada Hard Skill dan Soft Skill, Workshop juga berusaha untuk mengembangkan modul pembelajaran dengan pendekatan Students Center Learning (SCL) yang bertujuan untuk memahami konsep Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Pengembangan Modul Pembelajaran di akademi dan klinik, Konsep dan penerapan Student Center Learning (SCL), Taxonomi Pembelajaran, Teknik Assessment. Workshop akan disampaikan dalam format kuliah didaktif, working group, dan presentasi.