Anjangsana Fak. Saintek UMKT ke PT. Pamapersada Nusantara, Balikpapan

umkt.ac.id-Samarinda :: Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur memiliki komitmen menyerdaskan bangsa dalam bidang keilmuan dan kecakapan bidang sains dan teknologi. Sebagai bagian untuk memperkuat hal tersebut, anjangsana ke mitra perusahaan dilakukan pada 11 Februari 2022 ke PT. Pamapersada Nusantara office Balikpapan Operation (BPOP) Manggar.

Rombongan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur terdiri dari Prof. Ir. Sarjito, M. T., Ph.D., IPM selaku dekan, Wawan Joko Pranoto, S.Kom, M.Ti. selaku wakil dekan 1, Azhar Fathoni, ST selaku direktur program vokasi, Khanif Setiyawan, S.T., M.T. selaku sekretaris prodi S1 Teknik Mesin, Mady Deka April iya, SST sekretaris program vokasi dan Ir. Fajar Alam, S.T., M. Ling. selaku ketua prodi S1 Teknik Geologi.

Sulasman selaku Operation Head Pamapersada Nusantara office BPOP Manggar menyampaikan terima kasih atas kunjungan yang dilakukan dan menyampaikan hal-hal terkait kebijakan perusahaan dan hal-hal yang dikerjakan office BPOP Manggar. Pamapersada office BPOP Manggar sejak beberapa waktu lalu telah membuka kesempatan bagi perguruan tinggi untuk bermitra dengan perusahaan. Baik berbagi wawasan dari praktisi ke institusi pendidikan, magang mahasiswa di perusahaan, perekrutan awal bagi mahasiswa berprestasi untuk memenuhi kebutuhan kerja perusahaan.

Prof. Ir. Sarjito, M. T., Ph. D. selaku dekan FST UMKT menyampaikan terima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk kemungkinan rencana kegiatan bersama di masa mendatang. Disampaikan pula perkembangan perguruan tinggi Muhammadiyah di Indonesia dan upaya berkelanjutan Muhammadiyah dalam mencerdaskan bangsa. Ragam program studi atau vokasi yang ada di FST UMKT dijelaskan, meliputi S1 Teknik Mesin, S1 Teknik Sipil, S1 Teknik Informatika, S1 Teknik Geologi dan vokasi Operator dan Teknisi Alat Berat.

Kedua belah pihak sepakat untuk menjalin kerja sama di masa mendatang yang didahului dengan pembuatan dan penandatanganan Memorandum of Understanding. Kegiatan dilanjutkan dengan berkeliling kawasan worskhop antara lain workshop tyre dan silinder. Workshop yang ada bertugas melayani unit-unit kerja yang ada di ragam lokasi konsesi pertambangan. Utamanya di Kalimantan Timur dan beberapa site di Kalimantan Tengah maupun Kalimantan Selatan.

Kegiatan anjangsana berakhir tengah hari dan rombongan FST UMKT undur diri untuk persiapan kembali ke Samarinda.