Antisipasi Corona, Perkuliahan UMKT Dilakukan Secara ONLINE

umkt.ac.id, Samarinda – Daftar penderita positif Corona di Indonesia terus bertambah, hingga saat ini (Sabtu, 14/3) penderita corona telah mencapai 96 orang terkonfirmasi positif. Atas dasar itu, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur memilih untuk meniadakan aktivitas yang mengumpulkan khalayak ramai, termasuk aktivitas pembelajaran di kelas, sebagai gantinya perkuliahan tatap muka digantikan dengan media online.

Perubahan pola perkulihaan tersebut tertuang dalam surat Edaran Wakil Rektor I Bidang Akademik No. 148/EDR/SKT/A.6/B/2020 mengenai pencegahan penyebaran Corona virus di lingkungan civitas academica UMKT. Dengan keluarnya edaran tersebut maka seluruh proses perkuliahan tatap muka di lingkungan UMKT digantikan menjadi kelas online mulai 16 – 28 Maret 2020.

Dalam surat edaran yang mengacu pada surat Himbauan Rektor UMKT No. 147/EDR/SKT/A.6/B/2020 tersebut, Wakil Rektor 1 UMKT Ghozali, Ph.D menghimbau kepada seluruh dosen untuk menggunakan media DARING dengan aplikasi SCHOOLOGY, OPENLEARNING atau yang lain. Disampaikan pula bahwa proses perkuliahan setelah tanggal 28 Maret 2020 akan dilakukan evaluasi kembali sebelumnya dengan mempertimbangkan perkembangan situasi yang ada.

Tidak hanya proses perkuliahan tatap muka, proses pembelajaran Praktik Klinik/Lapangan/Magang atau sejenisnya diharap disesuaikan dengan melakukan PENUNDAAN selama periode waktu tersebut, dan selanjutnya akan di evaluasi kembali dengan mempertimbangkan perkembangan situasi yang ada.

Rektor UMKT dalam hal ini Prof. Bambang Setiaji juga menghimbau agar menunda perjalanan keluar daerah atau keluar negeri untuk keperluan yang dapat ditunda, terutama ke daerah atau Negara yang teridentifikasi sebagai resiko tinggi penularan COVID-19. Bagi yang baru saja melakukan perjalanan dari luar negeri atau luar daerah yang teridentifikasi resiko tinggi penularan, harap membatasi interaksi secara fisik dengan orang di sekitar (self isolated), dengan warga civitas academica UMKT maupun keluarga selama 14 (empat belas) hari mengingat masa inkubasi coronavirus pada periode tersebut.

Tidak lupa pula Rektor menyampaikan kepada seluruh Keluarga Besar UMKT agar membawa alas sholat masing-masing saat melaksanakan ibadah Sholat di Musholla kampus UMKT.