Workshop

Di posting pada: 01/08/2024, 10:47 WITA
 Penulis: Ichsan Noor Fahmi
Workshop

Workshop Pelatihan dilaksanakan di Laboratorium Komputer Fakultas Sains dan Teknologi, Gedung F lantai 1, Kampus Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Pelatihan dilakukan pada pukul 09.30 WITA hingga selesai yang dihadiri oleh peserta Tenaga Pendidik di lingkungan Kampus. Terdapat dua sesi pemaparan materi yaitu Sesi 1 oleh Bapak Taghfirul Azhima Yoga Siswa, S.Kom., M.Kom selaku pemateri Trainer pelatihan Microsoft Office dan untuk Sesi 2 oleh Ibu Dian Dwi Nur Rahmah, M.Psi., Psikolog selaku Trainer pelatihan Pelayanan Prima.

Sesi pertama pelatihan Microsoft Office dimulai dengan pembukaan yang mencakup penjelasan tujuan pelatihan dan overview materi yang akan dibahas. Sesi pertama difokuskan pada penggunaan lanjutan Microsoft Word, di mana peserta akan belajar membuat dan mengelola template, penggunaan style dan format yang konsisten, kolaborasi dokumen melalui fitur comment dan track changes, serta pembuatan table of contents dan indeks. Setiap topik disertai dengan studi kasus, seperti membuat template surat resmi perusahaan, mengedit dokumen proyek bersama tim, serta membuat buku panduan dengan daftar isi dan indeks. Selain itu, peserta juga akan mempelajari pembuatan surat undangan otomatis untuk banyak orang.

Sesi selanjutnya beralih ke Microsoft Excel, dengan fokus pada penggunaan fungsi dan formula lanjutan. Peserta akan diajarkan cara menggunakan fungsi lookup seperti VLOOKUP dan HLOOKUP, fungsi logika (IF, AND, OR), serta conditional formatting lanjutan. Studi kasus yang diberikan mencakup pencarian data karyawan dalam daftar besar, penentuan bonus karyawan berdasarkan kinerja, dan penyorotan sel dengan nilai di atas rata-rata. Selain itu, peserta akan belajar tentang data validation dan pembuatan drop-down lists, dengan studi kasus membuat formulir input data produk. Pelatihan diakhiri dengan sesi tanya jawab dan praktik mandiri, di mana peserta dapat bertanya mengenai materi yang telah dipelajari dan mempraktikkan kemampuan mereka melalui latihan-latihan yang disediakan, termasuk studi kasus yang telah dibahas sebelumnya.

Sesi Kedua pelatihan Pelayanan Prima dimulai dengan ice breaking "Bergerak Bersama" dan perkenalan trainer yang kemudian memaparkan susunan materi serta tujuan kegiatan. Sesi awal membahas sikap layanan sebagai pondasi Service Excellence, di mana peserta diajak untuk merefleksikan nilai-nilai pribadi dan perilaku yang mendukung atau menghambat pelayanan prima. Pentingnya Service Excellence dalam organisasi juga dijelaskan, termasuk definisi layanan, harapan pengguna, serta identifikasi pengguna layanan internal dan eksternal.

Berikutnya, pelatihan berfokus pada komunikasi efektif dalam layanan. Sesi ini mencakup penggunaan profil DISC untuk membangun kepercayaan, serta teknik-teknik komunikasi yang efektif, termasuk grooming, body language, dan teknik empati dalam menangani komplain. Peserta juga berpartisipasi dalam aktivitas kelompok dan studi kasus untuk mempraktikkan komunikasi layanan prima dengan berbagai karakter pengguna.

Pelatihan diakhiri dengan sesi mindfulness untuk membangun mindset positif dalam pelayanan, di mana peserta dilatih menggunakan afirmasi positif dan strategi “complain is a gift” Pelatihan ditutup dengan simpulan dari perwakilan peserta dan seluruh trainer.

 

 

 

Berita lainnya