BAWASLU KALTIM Dan UMKT Selenggarakan Sosialisasi Pengawasan Pemilihan Umum

umkt.ac.id, SAMARINDA – Badan Pengawas Pemilu Provinsi Kalimantan Timur menyelenggarakan  kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilihan Umum di UMKT pada Jumat, 1 Maret 2019. Kegiatan tersebut mengambil tema yaitu Membangun Peran Aktif Mahasiswa Dalam Penegakkan Hukum Pemilu. Kegiatan yang diselenggarakan ini dihadiri oleh Pimpinan Bawaslu Muhammad Ramli, S.Pi.,M.Si dan jajaran Sekretariat Bawaslu, Wakil Rektor II Bidang Kemahasiswaan UMKT H. Sunarso, S.E.,M.M. serta seluruh dosen dan mahasiswa Fakultas Ekonomi, Hukum, Politik dan Psikologi.

Kegiatan sosialisasi dilakukan untuk menegakkan hukum pemilu dan demokrasi subsantif. Dalam pemaparannya, para pembicara yaitu Muhammad Ramli, S.Pi.,M.Si selaku Pimpinan dan Komisioner Bawaslu menegaskan kepada mahasiswa mengenai pentingnya pemilu dan demokrasi. tantangan pemilu mendatang, pentingnya pengawasan bersama serta tujuan pengawasan pemilu. Dalam kesempatan yang sama, beliau juga menegaskan tentang tugas dan kewenangan Bawaslu, strategi pengawasan, pusat pengawasan partisipatif serta skema penanganan laporan. Sementara itu, pembahasan mengenai peran mahasiswa dalam pengawasan pemilu disampaikan oleh Mukti Ali Aziz selaku direktur Kawal Borneo dan Anggota Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPS). Beliau menegaskan tentang pelanggaran pemilu, partisipasi pemilih, serta voter educator. Akademisi UMKT juga turut menyampaikan materi tentang sosialisasi pemilu, Rio Arif Pratama, S.H., M.H.Li. Dosen Program Studi Hukum menyampaikan tentang mahasiswa, pemilu dan hukum. Dalam pemaparannya, ia menjelaskan tentang Sistem hukum menurut Lawrence M. Friedman yang terkait erat dengan beberapa budaya politik pemilu seperti money politic, peran mahasiswa, serta idealisme politik. Sementara Dosen Hubungan Internasional, Gilang Mukti Rukmana, S.IP. M.Hub. Int. menekankan pada pentingnya aspek pemilu zaman now (Anti Hoax Hoax club) yang  membahas tentang hoax dan propaganda.

Acara yang diselenggarakan dengan pembiayaan dari Bawaslu ini mendapatkan respon yang baik dari sivitas akademika UMKT, dosen dan mahasiswa terlihat antusias dengan pemaparan para pemateri dan konsep kegiatan yang dibuat santai dan terbuka. Beberapa mahasiswa juga menyatakan siap berpartisipasi dalam kegiatan pemilu mendatang dan turut serta melakukan pengawasn pemilu tahun 2019 di Kalimantan Timur.