Prof. Ali Saukah dari UMKT Dorong Kolaborasi Lintas Disiplin untuk Pembelajaran yang Berdampak

 Diposting pada: Thursday, 03/07/2025, 10:37 WITA
 Penulis: UMKT
Sejalan dengan TPB nomor:
SDGs 4 SDGs 17
Prof. Ali Saukah dari UMKT Dorong Kolaborasi Lintas Disiplin untuk Pembelajaran yang Berdampak

Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT) kembali menunjukkan komitmennya terhadap pengembangan pendidikan tinggi yang berdampak melalui kontribusi keilmuan para dosennya di tingkat nasional. Salah satu tokoh yang mewakili semangat tersebut adalah Prof. Ali Saukah, Dekan Fakultas Pendidikan UMKT, yang tampil dalam video edukatif di kanal @Suyantoid, membahas topik “Cross-Subject English Teacher Partnership.”

Dalam video tersebut, Prof. Ali menyampaikan pentingnya kolaborasi antara guru Bahasa Inggris dan guru dari berbagai mata pelajaran lainnya, seperti IPA, IPS, dan Matematika. Ia menjelaskan bahwa pengajaran Bahasa Inggris akan jauh lebih bermakna jika dikaitkan dengan konteks nyata dan materi dari disiplin lain. Model ini tidak hanya meningkatkan penguasaan bahasa, tetapi juga membantu siswa mengaitkan antara bahasa dan realitas kehidupan.

“Bahasa tidak hanya diajarkan sebagai sistem, tapi digunakan untuk menjembatani pemahaman lintas konteks,” ungkap Prof. Ali.

Konsep kemitraan lintas mata pelajaran yang dikemukakan Prof. Ali ini menjadi inspirasi penting dalam pengembangan strategi pembelajaran di UMKT, khususnya pada program studi Pendidikan Bahasa Inggris dan berbagai pelatihan dosen lintas fakultas. UMKT terus mendorong pendekatan interdisipliner dalam proses belajar-mengajar agar hasilnya tidak hanya akademis, tetapi juga berdampak langsung bagi masyarakat, sesuai dengan semangat Diktisaintek Berdampak.

Partisipasi aktif pimpinan akademik UMKT dalam forum nasional, baik melalui publikasi, pelatihan, maupun kanal YouTube eksternal, merupakan bentuk kontribusi UMKT dalam menciptakan iklim pendidikan tinggi yang inovatif, terbuka, dan berdampak.
 

Tags:
DiktisaintekBerdampak UMKT ProfAliSaukah InovasiPembelajaran AHD2025
Berita lainnya