Dosen DIII Keperawatan Laksanakan Pengabdian Masyarakat

 

umkt.ac.id – Samarinda :: Dalam Rangka implementasi Tridharma Perguruan Tinggi Dosen Diploma III Keperawatan  Fakultas Kesehatan dan Farmasi Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur melakukan Pengabdian Masyarakat dengan tema “Kewirausahaan Pemanfaatan Tanaman Herbal Teh Bawang Dayak”,  yang dilaksanakan pada hari Kamis, 02 Mei 2019 di Puskesmas Harapan Baru Kota Samarinda diketuai oleh Ns. Annaas Budi Setyawan, M.Si., Med dan beranggotakan Ns. Arief Budiman, M.Kep serta Ns. Taufik Septiawan, M.Kep.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dibuka langsung oleh kepala Puskesmas Harapan Baru Ibu dr. Siti Mardiah Thahir serta di hadiri oleh puluhan kader yang antusias mengikuti serta mendemonstrasikan cara pembuatan teh bawang dayak dari awal hingga selesai acara, disamping itu didalam kegiatan ini juga  diberikan pendidikan kesehatan kepada para kader mengenai tekanan darah tinggi (hipertensi) dan juga penyakit kencing manis (diabetes mellitus).

Kegiatan ini memiliki tujuan utama  mengajak kader puskesmas untuk  memanfaatkan hasil tanaman alam  “Bawang Dayak” yang dapat diolah menjadi teh dan dapat diambil manfaatnya  untuk kesehatan serta memiliki nilai ekonomi. Dari segi kesehatan kandungan yang terdapat dalam bawang dayak seperti alkaloid, glikosid, flavonoid, fenolik, steroid dan tanin memiliki manfaat sebagai hipoglikemik yaitu mampu menurunkan kadar gula darah serta antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas serta mampu menurunkan kolesterol, kemudian dari segi ekonomis teh bawang dayak ini memberikan peluang untuk dijadikan produk herbal olahan yang memiliki nilai jual tinggi.  Dalam memanfaatkan tanaman bawang dayak ini perlu pengolahan yang baik agar kandungannya tidak berkurang langkah pertama yaitu memotong akar dan daun dari bawang dayak selanjutnya dicuci pada air yang mengalir kemudian di iris secara menyerong dan dikeringkan selanjutnya langkah terakhir yaitu disimpan dalam wadah yang kedap udara.

Pelaksanaan Pengabdian masyarakat ini juga sejalan  dengan Visi dan Misi UMKT yaitu menjadi Universitas Islami berbasis teknologi informasi yang unggul dan berkontribusi dalam penyelesaian masalah sosial dan lingkungan, dengan adanya pemanfaatan Bawang Dayak yang kemudian di olah menjadi teh hal ini berarti mendorong pemanfaatan tanaman khas Kalimantan menjadi sumber alternatif bagi kesehatan serta kemampuan untuk mengolah tanaman ini menjadi sebuah produk berarti meningkatkan peluang ekonomi untuk berkontibusi dalam penyelesaian masalah sosial.