“GeMa PenTing” FKM Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

umkt.ac.id – Senin, 15 November 2021, 389 mahasiwa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT) dilepas untuk melakukan Praktik Belajar Lapangan Gerakan Mahasiswa Peduli Stunting (GeMa PenTing) di 48 Desa di wilayah Kalimantan Timur. Kegiatan ini merupakan Implementasi MoU antara BKKBN Propinsi Kalimantan Timur dengan FKM UMKT. Kegiatan ini juga merupakan wujud dukungan FKM UMKT terhadap program pemerintah untuk menurunkan prevalensi Stunting menjadi 14 % pada tahun 2024 sesuai dengan Perpres 18/2020 tentang  RPJMN 2020-2024. Kegiatan PBL GeMa PenTing diikuti oleh mahaiswa S1 Kesmas semester 7 Mata Kuliah  PBL, Semester 5 mata kuliah Pemberdayaan, mahasiswa S1 Kesling mata kuliah PBL dan mahasiswa D3 Kesling Mata Kuliah Klinik Sanitasi. Keseluruhan mahasiwa di sebar ke 48 Desa yang berada di seluruh wilayah Kalimantan Timur.

Pendekatan percepatan penurunan Stunting diarahkan pada pencegahan lahirnya anak Stunting melalui penyiapan kondisi kesehatan calon ibu, Perguruan Tinggi melalui Tri Dharma memainkan peran aktif untuk membantu penanganan masalah Stunting di Indonesia, dimana mahasiswa selain menjadi salah satu sasaran dari program Stunting, juga merupakan agent of change perubahan perilaku masyarakat kearah yang lebih baik. Inovasi berbasis bukti yang dimiliki oleh perguruan tinggi memiliki daya ungkit yang tinggi dalam pencegahan dan pengendalian masalah Stunting.

Strategi Nasional Percepatan Penurunan Stunting, bertujuan untuk menurunkan prevalensi Stunting, meningkatkan kualitas penyiapan kehidupan berkeluarga, menjamin pemenuhan asupan gizi, memperbaiki pola asuh, meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan, meningkatkan akses air minum dan sanitasi. Dengan tujuan ini diharapkan di masyarakat mahasiswa akan melakukan kegiatan-kegiatan edukasi kepada masyarakat dengan harapan pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang stunting akan meningkat, tersosialisasikannya faktor lingkungan yang mempengaruhi kejadian stunting, serta tersosialisasi dan teredukasinya masyarakat tentang upaya perbaikan gizi keluarga melalui ‘dapur stunting’,

Kegiatan ini sangat di dukung oleh Rektor UMKT Prof. Bambang Setiaji, yang dalam sambutannya mengatakan bahwa hal ini merupakan bentuk dukungan dan partisipasi aktif institusi pendidikan dalam program Penurunan stunting. Mahasiwa juga diharapkan maksimal dalam mengaplikasikan ilmu yg didapat dikampus agar masyarakat dapat merasakan manfaatnya. Acara pelepasan PBL mahasiswa GeMa PenTing ini dihadiri secara virtual oleh Kepala BKKBN Pusat Dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) yang memberikan materi pembekalan tentang Stunting kepada mahasiswa yang akan turun ke lapangan. Disamping Kepala BKKBN Pusat, acara yang sangat penting ini juga dihadiri oleh Kepala Perwakilan BKKBN Kalimantan Timur Drs. H. Muhammad Edi Muin, M.Si yang memberikan sambutan sekaligus melepas secara resmi mahasiswa peserta PBL.