Ikut Berperan Aktif dalam Pengembangan IKN. UMKT Gabung Kalimantan Universities Consortium (KUC) 2022

umkt.ac.id – Samarinda :: Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur menghadiri pertemuan antar perwakilan universitas yang ada di seluruh Kalimantan yang tergabung dalam Kalimantan Universities Consortium (KUC) di Universitas Mulawarman pada tanggal 19-20 Januari 2022. Kalimantan Universities Consortium (KUC) merupakan kerjasama gabungan 24 universitas di seluruh kalimantan. Adapun tujuan dari pembentukan konsorsium ini adalah sebagai wadah komunikasi dan jaringan kerjasama antar universitas-universitas di Kalimantan pada semua bidang yang berkaitan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Banyak hal yang bermanfaat dengan adanya KUC ini bagi setiap anggotanya. Seluruh anggota KUC akan memiliki keuntungan dalam memenuhi Tri darma Perguruan Tinggi baik itu Pengajaran, Penelitian dan juga pengabdian. Bahkan Rektor Universitas Mulawarman menekankan posisi strategis KUC di tingkat regional, Nasional bahkan Internasional.

Selain itu, kolaborasi yang terjalin bagi anggota KUC ialah saling bekerjasama meningkatkan Indikator Kinerja Unggul bagi setiap universitas. Rencana strategis awal di setiap anggota adalah terjadinya kerjasama regional baik itu pertukaran pelajar, joint research, joint publication, conferences dan masih banyak lagi.

Pertemuan yang berlangsung ini bertujuan untuk mempererat jaringan universitas-universitas yang ada di Kalimantan melalui kampus merdeka agar dapat memajukan pembangunan kawasan ibu kota negara baru yang bernama Nusantara agar bisa menjadi kebanggaan Kalimantan selain itu rapat kerja ini juga bertujuan untuk pengembangan universitas yang ada di Kalimantan agar dapat bersaing dan sejajar dengan universitas di Indonesia dan dunia.

Hal yang tidak kalah penting selain meningkatkan mutu masing-masing universitas anggota KUC, kehadiran KUC ini bisa berperan aktif menyumbangkan pemikiran-pemikiran dan langkah strategis guna mendukung suksesnya perpindahan Ibu kota Negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Oleh sebab Itu, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur akan terus berperan aktif mendukung kegiatan KUC dalam memajukan universitas dan mensukseskan perpindahan Ibu Kota Negara di Kalimantan Timur.