Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof. K.H Haedar Nashir Resmikan Gedung Baru Ir. H. Juanda UMKT

umkt.ac.id, Samarinda – Rektor UMKT Bambang Setiaji bersama Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir dan Menko PMK RI Muhajir Effendy meresmikan gedung baru Ir H Juanda dan meletakan batu pertama pembangunan gedung baru Bung Karno Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT), acara tersebut digelar di kampus UMKT, Jalan Ir. H. Juanda, Kamis (19/12/2019).

Haedar Nashir mengungkap kekagumannya kepada UMKT walau baru berdiri selama dua tahun, perjalanannya mampu membangun kampus yang sangat memadai di Kota Samarinda, menurutnya ini adalah bentuk kemajuan yang luar biasa.

Peletakan Batu Pertama Gedung Baru Bung Karno UMKT

“Kami dari pimpinan pusat Muhammadiyah mengucapkan selamat atas capaian – capaian dan komitmen yang luar biasa. Hari ini kita saksikan bersama bahwa walau baru berdiri dua tahun sejak 2017, UMKT telah mampu menunjukkan capaian yang luar biasa.” ungkap Haedar.

Hadir pula dalam acara tersebut Pimpinan Wilayah Muhammadiya Kalimantan Timur, Suyatman, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI, Muhadjir Effendy, Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, Ketua Komisi VIII Yandri Sutanto, Deputi Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama Kemenko PMK Agus Sartono, Deputi Bidang Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Kawasan Sonny Harry B Harmadi, dan Kepala LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan Udiansyah, serta Gubenur Kaltim yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Kaltim Bidang Reformasi Birokrasi dan Keuangan Daerah HM Yadi Robyan Noor, beserta seluruh civitas akademika di lingkungan UMKT.

Dijumpai di lokasi yang sama, Rektor UMKT Bambang Setiaji dalam sambutannya menyampaikan harapannya untuk menjadikan UMKT sebagai Universitas yang memiliki standar internasional. Semangat itu dilakukan dengan menyekolahkan tenaga pengajar untuk mengejar ketertinggalan dan mengirim mahasiswa untuk belajar ke luar negeri.

“Untuk dosen ada tiga puluh satu orang yang kami kirim S3, baik didalam dan diluar negeri. Kami juga mengirim mahasiswa S1 untuk pertukaran pelajar di luar negeri. Jadi kita sudah merintis universitas bertaraf internasional.” ujar Bambang.

Penandatanganan Prasasti Gedung Ir. H. Juanda UMKT

Sementara itu, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhajir Effendy menyampaikan apresiasi atas perkembangan UMKT yang sangat Pesat.

“Saya sebagai Menko PMK RI sangat senang karena akhirnya bisa memenuhi janji saya untuk hadir di UMKT. Tentunya saya juga mengapresiasi atas perkembangan UMKT selama dua tahun ini” kata Muhadjir saat memberikan sambutan pada peresmian gedung baru Ir H Juanda UMKT.