KULIAH UMUM DAN MoU FKIP UMKT: Peluang Wirausaha Bagi Lulusan FKIP

umkt.ac.id–Samarinda:: Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur menginjak tahun ke 2 setelah didirikan Agustus 2017 lalu terus membenahi kualitas pendidikan, melalui Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) mengundang Dekan FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar, Erwin Akib, PhD pada Senin (4/2). Kedatangan beliau di FKIP UMKT pada hari ini adalah dalam rangka penandatanganan MoU & MoA antara UMKT dan Unismuh Makassar serta dalam rangka menyampaikan Kuliah Umum dengan tema “Peluang Wirausaha Bagi Lulusan FKIP”.

 

Di era persaingan global ini, para lulusan dari perguruan tinggi harus mampu tidak hanya untuk menjadi guru atau pegawai saja, namun juga harus mampu melihat peluang untuk berwirausaha. Dengan demikian, lulusan dari FKIP dapat memiliki potensi tidak hanya sebagai pencari kerja, namun juga sebagai pemberi lapangan kerja.

“Dalam berwirausaha, seorang entrepreneur sejati, selalu memiliki inovasi untuk dapat memberikan nilai tambah pada produk, cara pemasaran, maupun prosesnya.” Ujar Erwin

Selain itu, Dekan FKIP Unismuh yang merupakan alumni Universiti Teknologi Malaysia itu juga manambahkan ada beberapa pendekatan yang dapat dilakukan dalam mengasah kemampuan berwirausaha, salah satunya adalah dengan pendekatan 4C (Critical thinking, Communicative, Collaborative, Creativity). Dengan terus mengasah 4C tersebut, maka seseorang akan mampu untuk terus melihat peluang dan menjadikan peluang tersebut sebagai ladang untuk melakukan aksi demi berkontribusi bagi komunitas sekitar.

Diikuti oleh seluruh dosen dan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Olahraga, acara tersebut berlangsung lancar dan khidmat. Kuliah umum yang juga diselingi dengan penandatanganan nota kerjasama ini membuka peluang bagi kedua Universitas ternama di Indonesia tengah ini untuk saling berkolaborasi dalam rangka menjadi provider pendidikan tinggi terbaik di wilayah Indonesia tengah. (ah/fkip2019)