Kunjungan Kampus Pertama, Gubernur Kaltim Sambangi UMKT

umkt.ac.id :: Samarinda – Universitas Muhamaadiyah Kalimatan Timur (UMKT)  kembali menggelar Seminar Ekonomi dengan tema “Masa Depan Ekonomi Kalimantan Timur”. Kegiatan itu dilaksanakan di Aula Bawah Kampus 1 UMKT Jl. Ir H Djuanda, Selasa(16/10).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Rektor UMKT Prof Bambang Setiaji,  Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Prov. Kaltim Ayahanda KH Siswanto, serta Gubernur Kaltim yang baru Ayahanda Dr. Ir. H Isran Noor., M Si, dan seluruh civitas akademika UMKT dan para pengusaha-pengusaha muslim Samarinda.

Gubernur Kalimantan Timur menyampaikan bahwa UMKT menjadi Kampus pertama yang beliau singgahi semenjak terpilih menjadi Gubernur Kaltim lalu. “UMKT menjadi Kampus pertama yang saya datangi, semoga kita semua bisa saling mendoakan satu sama lain untuk kemajuan Kalimantan Timur yang lebih baik” ujarnya.

Prof. Bambang Setiaji selaku Rektor UMKT menyampaikan bahwa seminar tersebut diselenggarakan untuk sharing  pengetahuan dan mengajarkan kepada civitas akademika UMKT bagaimana membangun ekonomi yang baik dan terus maju, terutama di provinsi Kaltim.

“Selama ini Kaltim sangat ditunjang oleh kekayaan alamnya, hutan, minyak bumi, batu bara, sawit, dan karet. Semuanya dieksploitasi ke perusahaan besar domestik dan asing. Hasilnya keluar dari Kaltim. Dan pajaknya masuk ke pusat. Hanya sebagian kecil kembali ke Kaltim,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Isran Noor menyampaikan bahwa pemerintah siap untuk mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya alam (SDA) di Kaltim. Kaltim yang merupakan daerah yang berpotensi dan wilyah yang sangat bagus sebagai lahan perekonomian.

“Kalau SDA Kaltim di kelola dan di serahkan kepada pengusahan Kaltim, maka akan berdampak pada pembangunan dan kesejahteraan rakyat Kaltim itu juga. Tapi jika pengelolaannya diambil asing dan pengusaha nasional di Jakarta, yang ada laba yang besar juga akan keluar dari kaltim,” pungkasnya.

Dia pun mengajak seluruh civitas akademika UMKT dan masyarakat Kaltim untuk bersama-sama membangun ekonomi Kaltim yang lebih sejahtera.

“Mari dukung dan doakan pemerintahan yang baru ini agar apa yang kami rencanakan dan kerjakan selama kami menjabat bisa terlaksana dengan maksimal untuk Kaltim yang lebih baik,” ungkapnya.