Mahasiswa UMKT Tingkatkan Kecintaan Pada Kearifan Lokal

Kamis (14/9) lalu, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT) mengadakan kuliah umum untuk mahasiswa. Dimeriahkan oleh mahasiswa baru dan mahasiswa lama lintas program studi dan lintas tingkat, acara kuliah umum tersebut berjalan lancar. Pada kesempatan tersebut, UMKT mengundang pembicara dari organisasi Upperhand Initiative Kuala Lumpur, yang diwakili oleh Managing Director, Ibu Ade Meiliyana. Tema yang diangkat menyinggung terkait kearifan lokal dan identitas diri Mahasiswa.

Pembicara menyampaikan bahwa saat ini Masyarakat Ekonomi ASEAN menjadi tantangan terbesar bagi bangsa Indonesia. Menghadapi hal tersebut, hendaknya mahasiswa mempersiapkan diri untuk terus meningkatkan kualitas agar menjadi sumber daya sumber daya manusia pilihan yang dicari di masa yang akan datang. Penting untuk tetap menjaga nilai-nilai kearifan lokal yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia, seperti sikap ramah tamah, suka menolong, tenggang rasa, dan lain-lain agar menjadi nilai jual tersendiri bagi sumber daya manusia Indonesia. Kecerdasan intelektual, keahlian vokasi, sikap dan perilaku, akan menjadi bernilai jika ditambahkan kemampuan penguasaan bahasa asing negara-negara yang akan dituju kemudian.

Kegiatan kuliah umum, selain berbentuk ceramah, dilengkapi oleh dialog interaktif, dan simulasi. Sesi simulasi mengajarkan mahasiswa untuk terampil dalam menghadapi suatu keadaan darurat, kerjasama, dan kepemimpinan. Di akhir acara, mahasiswa diminta mendukung dan berpartisipasi aktif pada Gerakan Kaltim for Indonesia, yang bertujuan mengangkat kearifan-kearifan lokal yang berada di Kalimantan Timur agar semakin dikenal di Indonesia. Besar harapan, semoga mahasiswa UMKT bisa menjadi sumber daya manusia yang unggul di masa depan (FI).