Sambutan Rektor

 

Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh,

Alhamdulillah wa sholatu wassalamu ala rasulillah, puji syukur kehadirat Ilahi rabbi, pemerintah dengan SK Nomor 463/KPT/I/2017 sudah memberikan ijin kepada Persyarikatan Muhammadiyah untuk mendirikan universitas baru yang berlokasi di Kalimantan Timur dengan nama Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT) . Sebagaimana ciri khas Muhammadiyah, UMKT dibangun untuk mengembangkan dimensi-dimensi manusia secara seimbang, baik moral-spiritual, intelektual, fisik, dan ketrampilan bekerja. Dengan mengembangkan dimensi kemanusiaan yang lengkap tersebut, maka UMKT diharapkan menjadi pusat pendidikan alternatif dan unggul, yaitu mampu membentuk manusia Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan bangsa.

Dengan pendirian universitas baru ini kami mengundang generasi muda untuk bersama sama belajar dan mengajar dengan memanfaatkan teknologi yang modern. Kami juga menundang para senior dari Univeristas Muhammadiyah Surakarta, dari STIKES Muhammadiyah Samarinda, dan dari STIE Muhammadiyah Samarinda serta dari instansi pendidikan lain untuk bersama sama membangun suasana belajar universitas yang kondusif. UMKT ingin mewujudkan kebebasan akademik yang bertanggung jawab, kejujuran, keterbukaan, kesetaraan, non diskriminatif, dipandu dengan pendidikan moral dan aqidah Islam. Semuanya itu untuk membangun kualitas sumber daya manusia yang unggul, religius, modern, dan mengerti permasalahan bangsa.

Demikianlah visi pendidikan kami, semoga menjadi salah satu sarana peningkatan diri generasi muda di Kaltim. Selamat bergabung dengan UMKT.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Prof. Dr. H. Bambang Setiaji