Teknik Mesin UMKT Lakukan Kunjungan Industri PT. Komatsu Remanufacturing Asia

umkt.ac.id-Balikpapan:: Prodi S1 Teknik Mesin UMKT melaksanakan Kunjungan Industri di PT. Komatsu Remanufacturing Asia di Balikpapan, Selasa (18/6/2019). Peserta kunjungan industri Teknik Mesin S1 UMKT terdiri dari 22 mahasiswa serta didampingi oleh 2 dosen pendamping, Binyamin, S.T., M.T dan Sigiet Haryo Pranoto, S.T., M.Eng.

Kegiatan kunjungan industri merupakan salah satu kegiatan yang rutin dilakukan oleh Prodi S1 Teknik Mesin UMKT, sebagai salah satu wujud bukti nyata visi maupun misi program studi, hingga ke tingkat Universitas untuk terus meningkatkan kualitas Pendidikan dan Pembelajarannya. Peserta kunjungan tiba di PT. Komatsu Remanufacturing Asia sekitar jam 13.00 WITA dan kegiatan tersebut berakhir sekitar 16.00 WITA. Saat tiba di PT. KRA semua peserta dicek kelengkapan APD (Alat Pelindung Diri) oleh Bapak Muhammad Shidarta dengan Bapak Endro Santoso atau yang biasa disebut dengan safety induction.

Setelah dilakukan safety induction, peserta langsung dibawa menuju ke ruang celebes untuk acara selanjutnya yaitu perkenalan dan penyampaian tentang Profil Perusahaan PT. Komatsu Remanufacturing Asia yang dibawakan secara langsung oleh Bapak Shidarta dan Bapak Endro tersebut. Banyak pertanyaan-pertanyaan kritis yang muncul dari mahasiswa kepada pemateri yang berarti mereka menyerap materi yang disampaikan. Seperti biasa setelah dilakukan presentasi dari perusahaan, Mahasiswa diajak untuk Plant Tour keliling perusahaan untuk melihat langsung bagaimana peralatan dan proses kerja yang ada di perusahaan. Mulai dari proses disassembly, washing, assembly engine, dyno test hingga proses wrapping atau completion.

Setelah Plant Tour dianggap cukup, kegiatan pun dilanjutkan dengan bertukar cindera mata sebagai kenang-kenangan dan ucapan terima kasih dari Mahasiswa Program Studi S1 Teknik Mesin kepada PT. Komatsu Remanufacturing Asia dan diakhiri dengan Foto Bersama di perusahaan.