UMKT DAN BAWASLU GELAR KULIAH UMUM KEPEMILUAN BAGI MILENIAL

umkt.ac.id-Samarinda- Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur melalui Fakultas Ekonomi, Hukum, Politik dan Psikologi (FEHPP) melaksanakan Kuliah Umum tentang Penyelenggaraan Pemilihan Umum Yang Berkualitas dan Berintegritas Bagi Generasi Milenial Kalimantan Timur pada Selasa 19 Februari 2019 di Aula Gedung E Kampus UMKT. Pembicara pada kuliah umum tersebut adalah Dr. Saipul, S.Sos.,M.Si selaku Ketua Badan Pengawas Pemilu Provinsi Kalimantan Timur.

Dalam pemaparannya dihadapan para mahasisiwa FEHPP, Ketua Bawaslu Kaltim menyampaikan gagasan dan orasi ilmiah tentang bagaimana asas pemilihan umum tahun 2019, pengembangan kewenangan kelembagaan pengawas pemilu utamanya pada UU Nomor 7 Tahun 2017 serta Penguatan Tugas Dan Kewenangan Bawaslu. Selain itu juga disampaikan tentang tugas Bawaslu, alur pencegahan dan penindakan, pengawasan partisipatif generasi milenial serta ragam aktivitas pusat pengawasan partisipatif masyarakat kontemporer.

 

Dalam sambutannya, Dekan FEHPP, Prof Dr. Wahyudin juga mengatakan bahwa pemilu merupakan salah satu upaya fastabiqul khairat, berlomba-lomba dalam kebajikan. Pemilu dianggap merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari penguatan domokrasi, dalam hal itu UMKT dengan segenap komunitas yang ada baik dosen, karyawan dan mahasiswa dapat memberikan kontribusi yang sangat signifikan dalam rangka mengawal pelaksanaan pemilu damai, berkualitas dan berintegritas.

 

Kegiatan yang dimoderatori oleh Dosen Hubungan Internasional, Gilang Mukti Rukmana S.IP., M.Hub Int. Tersebut berlangsung secara dinamis dan atraktif. Para mahasiswa mengajukan banyak pertanyaan dan gagasan mengenai pemilu 2019 di Kalimantan Timur. Oleh karena itu, dengan adanya kuliah umum tersebut akan ada suatu pencerahan kepada mahasiswa, ini sangat penting untuk sebuah transfer pengetahuan dan pengalaman, Pihak Bawaslu mengajak kepada civitas akademisi untuk mengawal pemilu nantinya supaya bisa menjembatani perbedaan-perbedaan yang ada untuk sebuah tujuan yang sama demi kebaikan di masa mendatang.