UMKT Juara Favorit dan Dapat Hak Paten Dalam Lomba Beton Nasional PESC 2018 di Bali

UMKT.ac.id:: Samarinda- Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur kembali mengharumkan nama Kalimantan Timur di kancah Nasional, kali ini melalui Program Studi S1 Teknik Sipil UMKT yang baru berumur 1 Tahun  mengikuti Lomba Beton Nasional PESC Tahun 2018 di Bali. Kegiatan yang dimulai sejak 20 Agustus – 6 Oktober 2018 ini merupakan Lomba Tingkat Nasional pertama yang di ikuti oleh Prodi S1 Teknik Sipil. TIM POZOLAN yang merupakan nama Tim UMKT yang mengikuti lomba berhasil menyabet Juara Video Favorit dan Juara Harapan 2, dengan peraihan yang dicapai TIM UMKT juga mendapatkan SERTIFIKAT HAK PATEN atas karya yang dibuat.

Penelitian Sebelum Lomba

MUHAMMAD NOOR ASNAN ST.,MT.,IPM yang merupakan Sekretaris Prodi Teknik Sipil UMKT  dan juga sekaligus menjadi pendamping Lomba menyampaikan bahwa perjalanan mengikuti lomba ini tidaklah gampang. “TIM POZOLAN UMKT setelah lomba inovasi beton di politeknik negeri samarinda, melakukan penelitian pendahuluan dari bulan mei 2018 sebanyak 3 kali. Diperjalanannya sendiri tim Pozolan UMKT banyak mengalami kendala diantaranya peralatan laboraturium untuk pengujian bahan dan pengujian benda uji, kami berusaha melakukan sewa untuk memenuhi kebutuhan penelitian yang dilakukan dengan tetap berusaha untuk menjaga kerahasian penelitian seperti kami ketahui dari awal Perguruan Tinggi di Kalimantan Timur juga akan ikut lomba tersebut walaupun pada akhirnya mereka batal mengikutinya” Imbuhnya.

Asnan juga menyampaikan bahwa tujuan mengikuti kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan UMKT khususnya Prodi Teknik Sipil secara luas (Nasional)

“Karena lomba ini adalah lomba Nasional rutin Tahunan, jadi kami juga ingin memperkenal prodi kami yang berasal dari UMKT di kancah Nasional. Dengan kita mendapatkan Sertifikat Hak Paten atas penemuan ini, kami ingin memotivasi seluruh mahasiswa kami untuk terus berkompetisi dalam bidang ilmu dan teknologi” ucapnya.

Pembuatan Arang Sekam Pengganti Pasir

seperti yang diketahui, Tim Pozolan merupakan Tim yang beranggotakan mahasiswa Teknik Sipil UMKT yang terdiri dari Subandi, Anang Akar Arha, Chandra Kusuma. Mereka merupakan Mahasiswa terbaik yang di miliki Kampus dalam mengikuti lomba ini.

Semua keberhasilan ini juga tidak lepas dari dukungan Pihak Kampus. “Selama melakukan penelitian sebelum lomba Tim Pozolan UMKT didukung penuh (Moril dan Materil) oleh Wakil Rektor 2 Bidang Kemahasiswaan dan seluruh jajaran UMKT. Begitu juga saat mengikuti Final di Bali.”

Pembuatan Kayu Ulin Pengganti Batu

“Rencana kedepannya Tim Pozolan UMKT akan terus mengembangkan hasil penelitian yang telah dilakukan termasuk merancang mesin pengolahan limbah tersebut, dan Tim Pozolan UMKT akan melakukan penelitian beton dengan inovasi yang lainnya untuk mengikuti lomba beton nasional maupun internasional serta lomba lainnya seperti PKM dll.” Ucap Asnan yang merupakan salah satu dosen Teknik Sipil Senior di Kaltim.