Wujudkan Visi Misi UMKT: Prodi S1 Farmasi dan S1 Kesehatan Lingkungan UMKT Adakan Pelatihan, Penyuluhan Dan Pembuatan Sabun Buah Naga Di Desa Batuah, Kalimantan Timur

umkt.ac.id – Desa Batuah merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Loa Janan, tepatnya desa ini berada di Jalan Soekarno Hatta Km 26. Daerah Batuah memiliki luas 84,7 km2, dengan pemanfaatan lahan sebagian besar untuk perkebunan buah naga. Luas perkebunan buah naga di Desa Datuah mencapai sekitar 30 hektar. Komoditi buah naga merupakan ciri khas Desa Batuah. Umumnya hasil perkebunan buah naga hanya dijual oleh warga baik ke pengepul maupun dengan cara menjual langsung di pinggir jalan. Buah naga umumnya dijual dengan harga Rp.10.000 sampai Rp.12.000 setiap kilogramnya. Pada musim panen yang melimpah, buah naga cenderung dijual dengan harga yang murah serta tak jarang akan berakhir membusuk jika tidak laku.

Melalui Hibah Pengabdian Kepada Masyarakat  Kompetitif Nasional Program Kemitraan Masyarakat Stimulus tahun 2019-2020 dari Kementrian Riset dan Teknologi Republik Indonesia serta perwujudan dari visi dan misi UMKT yaitu menjadi Universitas Islami berbasis teknologi informasi yang unggul dan berkontribusi dalam penyelesaian masalah sosial dan lingkungan, S1 Farmasi dan S1 Kesehatan Lingkungan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur mencoba untuk memanfaatkan potensi desa Batuah dengan inovasi berupa sabun batang buah naga merah. Inovasi ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat desa Batuah secara umum dan terkhususnya adalah menjawab persoalan nilai jual buah naga yang turun ketika masa panen tiba. Melalui inovasi sabun buah naga diharapkan akan tumbuh industri kreatif berdaya saing yang mampu meningkatkan perekonomian di desa Batuah.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diketuai oleh dosen S1 Farmasi apt. Indah Hairunisa, S.Farm., M.Biotech. dan beranggotakan apt. Deasy Nur Chairin Hanifa., M.Clin.Pharm. serta dosen S1 Kesehatan Lingkungan Deddy Alif Utama, SKM., M.Kes. yang dibantu oleh mahasiswa S1 Farmasi dan S1 Kesehatan Lingkungan dilakukan pada perkumpulan Ibu PKK desa Batuah yang diketuai oleh Ibu Evi Wardhana. Kegiatan ini disambut hangat dan penuh dukungan oleh Kepala Desa Batuah BapakĀ  Abdul Rasyid, beliau berharap kerjasama UMKT dengan desa Batuah melalui kegiatan bermanfaat dan positif akan terus dilakukan dan desa Batuah siap menjadi mitra dari UMKT.

Kegiatan pelatihan pembuatan sabun buah naga juga diikuti secara antusias oleh peserta. Selain praktik langsung dalam pembuatan sabun, peserta juga diberikan penyuluhan mengenai manfaat buah naga bagi kesehatan serta pengemasan kreatif untuk sabun yang telah dibuat. Kedepannya, pelatihan ini tidak hanya untuk memberikan keterampilan dan pengetahuan, tapi juga diharapkan mampu mendorong kegiatan nyata di desa Batuah. Untuk itu, pada kegiatan ini juga dilakukan pemberian peralatan dasar produksi sabun serta kedepannya kerjasama yang dilakukan adalah pendampingan pembuatan kemasan, registrasi serta pemasaran produk sabun buah naga.