Dekan FKIP-UMKT Mendorong Dosen dan Mahasiswa Tingkatkan Publikasi Ilmiah
Penulis: Sudarman, M.Ed
 
                    
                Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Prof. Ali Saukah, M.A., Ph.D, membuka rangkaian kegiatan Rapat Evaluasi Kerja dan Program Kerja FKIP pada Jumat, 25 Agustus 2023. Rapat evaluasi yang dimulai pada pukul 09:15 WITA secara daring ini dihadiri oleh seluruh dosen dan staff di lingkup FKIP, baik dari Program Studi Pendidikan Olahraga maupun Pendidikan Bahasa Inggris. Rapat ini bertujuan untuk melakukan evaluasi menyeluruh tentang program kerja yang telah dilaksanakan oleh fakultas maupun program studi pada Tahun Akademik 2022/2023, serta mencanangkan program kerja baru untuk periode yang akan datang.
Dalam sambutannya, Prof. Ali Saukah, M.A., Ph.D menekankan pentingnya meningkatkan publikasi ilmiah baik dari dosen maupun mahasiswa. Oleh karena itu, beliau mengimbau agar kedua program studi yang ada FKIP dapat menyusun program kerja yang berorientasi pada peningkatan publikasi ilmiah, baik secara kuantitas maupun kualitas. Ditambah lagi, kedua program studi akan segera mengajukan peninjauan akreditasi pada tahun depan, dimana saat ini baik Prodi Pendidikan Olahraga dan Pendidikan Bahasa Inggris sama-sama meraih Akreditasi B dari BAN-PT. Untuk itu, peningkatan publikasi ilmiah tentu akan sangat membantu kedua program studi dalam mempertahankan status akreditasi yang diraih saat ini.
Prof. Ali Saukah, M.A., Ph.D juga menambahkan bahwa peningkatan publikasi ilmiah tidak hanya menjadi fokus bagi para dosen, namun juga mahasiswa. Untuk itu, beliau mendorong agar program studi dapat memanfaatkan laporan tugas akhir mahasiswa (skripsi) untuk kemudian diolah menjadi naskah publikasi (artikel) yang siap dipublikasikan pada jurnal-jurnal nasional maupun internasional. Tentu dalam hal ini, dosen pembimbing skripsi memiliki peran penting dalam meningkatkan mutu hasil penelitian mahasiswa untuk diterbitkan dalam jurnal bereputasi. Di sisi lain, peningkatan jumlah publikasi juga dapat dilakukan melalui penelitian reguler dosen yang memang sudah menjadi bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Hanya saja, Dekan mengimbau agar para dosen juga melibatkan mahasiswa dalam penelitian yang mereka lakukan sebagai bentuk kolaborasi antara dosen dan mahasiswa. Jika hal ini dilakukan, target untuk mempertahankan akreditasi B bagi program studi akan semakin mudah untuk dicapai.
Dalam kesempatan ini juga, Dekan menyampaikan bahwa peningkatan publikasi ilmiah tidak hanya dapat dilakukan lewat penelitian, namun juga kegiatan pengabdian. Selama ini, para dosen dan mahasiswa dianggap hanya berfokus pada publikasi hasil penelitian dan mengesampingkan publikasi hasil pengabdian. Padahal, hasil pengabdian juga dapat diterbitkan sebagai karya tulis ilmiah dan tentunya dapat membantu peningkatan kredit points dalam akreditasi program studi. Oleh karena itu, dekan berpesan agar semua kegiatan pengabdian yang telah dilakukan, baik dosen maupun mahasiswa, harus diterbitkan pada jurnal-jurnal pengabdian yang bereputasi. Hanya saja dalam penutupan sambutannya, Prof. Ali Saukah, M.A., Ph.D berpesan agar kegiatan pengabdian yang ingin dilakukan harus benar-benar tepat guna dan dibutuhkan oleh masyarakat, bukan hanya sekedar berkegiatan untuk menggugurkan kewajiban sebagai dosen.