Dekan FKIP UMKT Paparkan Urgensi Implementasi Pembelajaran Mendalam di Dunia Pendidikan

 Diposting pada: Friday, 25/04/2025, 17:12 WITA
 Penulis: Syarifah Zulfatirahmi
Dekan FKIP UMKT Paparkan Urgensi Implementasi Pembelajaran Mendalam di Dunia Pendidikan

Samarinda, 2025 – Dalam rangka mendorong transformasi pendidikan menuju kualitas yang lebih bermakna dan merata, Prof. Ali Saukah (Dekan FKIP UMKT) menyampaikan Kuliah Umum  bertajuk "Pembelajaran Mendalam: Implementasinya di Dikdasmen dan Dikti" pada tanggal 25 April 2025 di hadapan sivitas akademika FKIP Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT).

Di dalam penyampaiannya, Prof. Ali Saukah menekankan bahwa Pembelajaran Mendalam (PM) bukan sekadar pendekatan tambahan, melainkan “ruh” yang menghidupkan kurikulum nasional. PM mengedepankan proses belajar yang berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan dengan melibatkan olah pikir, hati, rasa, dan raga secara terpadu.

Urgensi penerapan PM diperkuat dengan hasil PISA 2022 yang menunjukkan mayoritas siswa Indonesia hanya mampu menjawab soal-soal pada level rendah. Hal ini mencerminkan kualitas pembelajaran yang belum optimal, meskipun akses pendidikan meningkat. PM diharapkan dapat menjawab tantangan ini melalui penguatan peran guru di kelas serta asesmen terhadap ketercapaian Standar Kompetensi Lulusan (SKL) secara nasional.

Kementerian Pendidikan telah memulai pilot project PM di 60.000 sekolah, sebagai bagian dari upaya mewujudkan pendidikan bermutu untuk semua. Di tingkat pendidikan tinggi, PM diintegrasikan ke dalam proses pembelajaran aktif seperti project-based learning, dengan orientasi pada pengembangan keterampilan abad ke-21.

Prof. Ali Saukah juga menekankan pentingnya peningkatan kompetensi guru, serta penyusunan pembelajaran yang kontekstual dan kolaboratif. “Tanpa tenaga dalam dari Pembelajaran Mendalam, pembelajaran kita hanya akan berada di permukaan,” ujarnya.

Berita lainnya