Rapat Kerja Tahunan Tahun Akademik 2019/2020 Lembaga Jaminan Mutu

 Diposting pada: Thursday, 03/10/2019, 08:58 WITA
 Penulis: LJM
Rapat Kerja Tahunan Tahun Akademik 2019/2020 Lembaga Jaminan Mutu

Mengawali kerja tahun 2020, Lembaga Jaminan Mutu mengadakan Rapat Kerja Tahunan pada Kamis, 25 Juli 2019 yang bertempat di Ruang Rapat Gedung C, Kampus Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Pada rapat kerja ini dibahas tentang evaluasi hasil kinerja selama tahun 2019, serta pemetaan program kerja yang akan dilaksanakan selama tahun 2020. Rapat Kerja ini dibuka dan dipimpin langsung oleh Ketua Lembaga Jaminan Mutu UMKT, Hari Prasetyo., Ph.D, dan dihadiri oleh seluruh personil Lembaga Jaminan Mutu yang terdiri dari Sekretaris Lembaga Jaminan Mutu, Ketua Divisi Dokumen dan Data, Ketua Divisi Audit Mutu Internal, dan Ketua Divisi Pengembangan Pembelajaran.

Pada kesempatan tersebut, disampaikan laporan mengenai pencapaian yang telah dilakukan seperti raihan AIPT dengan status akreditasi B bagi UMKT yang baru berdiri selama 2 tahun, pelaksanaan sistem Rencana Pengembangan Lembaga melalui sistem apple.umkt.ac.id yang merupakan penciri dari sistem tata pamong dan tata kelola berbasis IT, pelaksanaan Audit Mutu Internal berbasis IT menggunakan sistem ami.umkt.ac.id, kelengkapan dokumen SPMI sebagai acuan pelaksanaan kegiatan di lingkup UMKT, pelaksanaan program PEKERTI untuk peningkatan kompetensi dosen dalam pembelajaran, dan pendampingan penyusunan dokumen kurikulum untuk semua program studi.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada tahun 2020 adalah pematangan grand design SPMI dengan mengacu pada Standar SPMI (SN Dikti, IAPS 4.0, IAPS 3.0), dan melakukan evaluasi berbasis pencapaian KPI (Borang 9 kriteria). Unit, Lembaga, UPPS, dan Program Studi melakukan Evaluasi Diri, kemudian melakukan Penetapan Program Pengembangan 1 tahun akademik dan setiap akhir tahun akan dilakukan Pengukuran KPI dan Efektivitas Program Pemenuhan Standar. Selain itu, penekanan terhadap pelaksanaan penjaminan mutu berbasis IT juga perlu mendapatkan perhatian agar sesuai dengan pencapaian visi misi UMKT. Peningkatan Status Akreditasi Program Studi yang menjadi salah satu indikator KPI LJM ditindaklanjuti dengan membuat program pendampingan APS melului asesor internal APS yang sudah dilatih dan memiliki kapasitas untuk melakukan pendampingan akreditasi untuk proram studi.

Berita lainnya